RSS

Aplikasi Islami untuk Evaluasi dan Koreksi Diri Ala Muslim

 Bagi seorang muslim termasuk orang yang beruntung adalah jika hari ini berjalan lebih baik dari hari kemarin. Demikian Rasulullah Muhammad Saw mengamanatkan kepada umatnya. Dalam perjalanan hidup mengamalkan Islam sudah tentu ada saat menoleh ke belakang untuk melihat napak tilas dan jejak rekam yang telah diperbuat. Oleh karena itu diperlukan sebuah perenungan mendalam (muhasabah) diperlukan untuk melakukan evaluasi dan sekaligus koreksi diri. Untuk kepentingan ini maka sebuah aplikasi menarik untukMuhasabah ini mungkin bisa memenuhi kebutuhan.
Muhasabah sebenarnya bukan sebuah software, melainkan sebuah aplikasi sederhana yang dibuat dengan menggunakan program office MS Excel. Aplikasi Islami ini telah menyertakan sejumlah petunjuk yang memadai dan mudah digunakan oleh user terutama yang berbahasa Indonesia. Anda tinggal mengisikan angka 1 (satu) pada kolom kriteria yang sesuai dengan kepribadian anda. Sudah tentu untuk mendapatkan hasil yang  memuaskan, anda harus jujur dalam mengisi form yang disediakan sesuai dengan kecenderungan yang anda miliki.
Setelah semua form terisi, maka aplikasi berbasis Excel ini akan menghitung prosentase score anda berdasarkan kriteria kemauan menjalankan kewajiban, meninggalkan keharaman, dan sekaligus menilai persentase ketakwaan anda. Tentu saja, penilaian dengan cara seperti ini tidak sepenuhnya memenuhi standar yang kita harapkan. Sebab, masalah ketakwaan adalah urusan kita dengan Allah swt. Namun demikian dalam hal evaluasi dan ko
reksi diri yang bersifat personal, dalam beberapa sudut pandang, aplikasi Muhasabah
ini cukup membantu.
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: